Senin, 23 Maret 2009

Belanja Material sesi I

Hari ini dimulai belanja material bangunan untuk rumah The Maliki's. Sebetulnya sudah beli bata minggu lalu. pesen 1 truk dulu, 9000 bata. di sini 1 bata harganya 275 rupiah. Tips beli bata: belilah pas musim panas. murah.

Nah, tadi siang beli besi dia-10 dan dia-8. untuk bikin sloof. Rencananya senin depan mau ground breaking (ceileh..kaya bikin apartment aja sih). Sembari penggalian, sembari pembesian juga.

Oya, ada perubahan rencana denah. yang previously designed itu secara finansial ga kuat euy. ya sudah, dibuatlah yang mungil tapi menarik.

Trus tadi pas ngitung volume besi, sempat teleconfrens sama akungnya Azki. Perihal ukuran besi dan ukuran sloof. ukuran kolom struktural juga. akhirnya didapat kesimpulan, kita pakai 2 tipe sloof, tepi dan dalam. Untuk sloof tepi, dimensinya 15/25, dengan tulangan 4 kali dia -10 dan 2 kali dia -8. Ini yang dia -8 sebagai tulangan ekstra. trus begelnya pake dia -8 jarak 150 mm.


Trus kolom strukturalnya pake ukuran 15/20, tulangannya persis dengan sloof. Pondasinya pakai telapak 50x50. oya, ini ngga pake pondasi batu kali. pakai sloof gantung saja.

Hmm...baru pertama kali ini ngurusin pembangunan rumah. biasanya kan nongkrongin high rise building, which was very different.

Okelah, ntar dicritain deh sesi berikutnya.

1 komentar:

  1. wuih..
    keren banget...
    sambil ngonstruk sambil momong..
    ntuh asisten jadi mandor kuli di warung kopi aja deh..
    :P
    nanti kapan2 aku main ya.. di daerah mana si mba? aku sama mas fian ntar mau maen..

    habis ngonstruk rumah sendiri, gantian aku ya..
    hehe.. amin..

    BalasHapus