Rabu, 15 April 2009

Owner vs Tukang

Whew..brapa hari nih ga ngasi laporan??
Well, sebetulnya ada masalah non teknis di lapangan.
Oke, ayo dipetani alias di kupas tuntas ada apa aja di sini.

Sabtu lalu aku membayar satu tukang yang bisa dibilang contact person bagi rekan2 tukang lainnya (tetapi dia menganggap dirinya team leader, hebat yah?!) lebih dari biasanya. Ini gara2 si Bang Kosim iniii…enak banget ngomong minta bayaran lebih karena masalah Team Leader ini. Awalnya sih aku ngga setuju pas Ayah Azki memintaku mengeluarkan fee lebih untuk oknum BK ini. Tapi mungkin waktu itu lagi berbaik hati (mode dipaksakan, hihi), akhirnya keluar juga tuh kelebihan fee. Lho, fee yang minggu2 sebelumnya piye?? Ya ditambahkan saja.

Setelah beberapa hari perenungan, aku menganggap sudah dikadalin sama oknum BK ini. Kenapa?

Pertama, saat pekerjaan pasangan bata dimulai, tukangers tuh sering banget pulang jam 16.30. Ini jadi masalah karena waktu pekerjaan pembesian, pulangnya jam 17.00. Nah, ini mana yang benar? Pulang jam 16.30 atau 17.00?
Kalo emang kerjanya ampe jam 16.30, berani benerrr….minta tambahan fee.
Soo…pagi ini aku konfirmasilah ke so-called Team Leader itu. Begini kira-kira dialognya:

O (owner) : Sori ya, mau konfirmasi..sebetulnya jam kerja gimana sih, kok kadang jam 5, kadang kurang.

BK (bang kosim) : Ya normalnya sih setengah 5. Itu kemaren jam 5 juga karna ngabisin adukan.

O : Gini lho,,kemaren kan minta tambahan fee tuh…trus sekarang saya minta tambahan jam kerja. Gimana tuh?

BK : O ga bisa, sudah biasa di mana2 saya ngerjain juga pulang jam setengah 5. Pulang jam 5 juga karena kebijakan tukang (lho, bisa ya tukang bikin kebijakan??) karena ada kerjaan nanggung.

O : Di proyek di Jakarta, semua selesai jam 5.

BK : Begini. Saya di proyek sudah lama, sejak tahun 70-an.Kalo situ kan baru kemaren (kurang ajar, masalah senioritas nih)

O : (mode pasrah) ya udah deh, saya cuma nyampein komplennya Baba. Obrolan ini ntar saya sampein ke Baba. Semua keputusan ada di Baba.

What was the bottom line?
Tukang ini ga mau kerja ampe jam 5, tapi maunya bayaran dilebihin.
Solusinya apa?
Pecat, mungkin??

Masalah berikutnya adalah personality sebagai tukang yang sudah eksis selama puluhan tahun, yang suka sok berinisiatif dan ngeyel banget.
Kemaren dia pasang kongliong opening buat pintu WC. Jelas aja aku emosi tinggi. Kan aku bilang pintunya belum order, belum ada ukurannya. Bisa2nya bikin kongliong.

O : Ini kenapa kongliongnya dibuat?? Ukuran pintunya belum ada.

BK : kan pintu pepece (PVC). Lebar 740 biasanya mah

O : Pintu saya ga biasa!! Lebarnya 800!! Bongkar!!

BK : (ngeyel mode on) ntar aja mbongkarnya kalo pintunya dah datang. Pan ini propilannya dah dipasang

O : (menahan amarah) Pintu saya kusennya ga bisa dipasang sekarang, karena sudah finishing. Bukan kayak kusen lain yang masih harus dicat. Kalo rusak, gimana? Ini bata lanjutannya dibuat sesuai lebar opening. Bata yang udah terlanjur ntar di-chipping.

BK : Ya udah kalo gitu mah (menurut sajah)

Yah begitulah dialog owner-tukang yang cukup panas.
Oya ada juga dialog tentang rangka kuda-kuda.

BK : Pesen kayu bakal kap udah?

O : maksudnya? (terjadi gegar budaya dalam hal bahasa proyek)

BK : itu..rangka atap

O : Oh..belum. Belum tau tempat yg jual

BK : saya aja yang nyari. Duitnya separo dulu siniin

O : ngapain buru-buru? Pasang bata aja belum kelar. Kusen belum semua terpasang. Urugan masih bececeran. Mau taro mana??

BK : Noh di onoh (menunjuk satu lahan kosong)

O : Eh, enak aja balok saya ditaro situ. Kalo rusak, gimana? Kalo ilang, gimana? Nggak, nggak beli sekarang. Kerjain aja pekerjaan sekarang. Saya tau kapan harus beli balok (mode sok tau)

End of conversation. Mrs Owner yang cerewet dan Tukang yang ngeyel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar